Dijaman yang serba cangih ini banyanyak nya manusia yang mengunakan elektronik dari hal itu maka saya mencoba untuk mengulas tentang pengenalan elektrnik.
Sejarah perkembangan
Istilah
“perdagangan elektronik” telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya,
perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti
penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan
pembelian atau invoice secara elektronik. Kemudian dia berkembang
menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat
“perdagangan web” — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web
melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan
enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan. Pada awalnya ketika
web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis
memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru.
Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS
memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak
bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
Manfaat dari Perdagangan Melalui Elektronik
Perusahaan-perusahaan atau organisasi yang ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan di seluruh orgnaisasi. Perbaikan tersebut diharapkan menghasilkan tiga (3) manfaat utama :
• Pelayanan pelanggan meningkat;
• Hubungan dengan pemasok & masyarakat keuangan meningkat;
• Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
Manfaat-manfaat
tersebut berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dna
memungkinkannya untuk bersaing dengan lebih baik dalam dunia bisnis yang
semakin terikat untuk menggunakan teknologi komputer.
Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elktronik
Tidak semua perusahaan ikut dalam perdagangan melalui jaringan elektronik. Hal tersebut dilakukan dengan alas an kehati-hatian setiap perusahaan yang ada, dengan kendala sebagai berikut :
• Biaya tinggi
• Masalah keamanan
• Perangkat lunak yang belum amapan atau tersedia
Ketika
para eksekutif memutuskan bahwa manfaat yang diantisipasi melebihi
kendalanya dan membuat keputusan untuk melangkah. Adapun langkah
utamanya yaitu dengan melakukan pemilihan srategi, metodologi dan
teknologi yang terbaik.
Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik.
Rencana
bisnis strategis mewujudkan komitmen untuk menggunakan perdagangan
melalui jaringan elektronik guna mencapau keunggulan kompetitif.
Perusahaan pertama-tama melakukan atau mengumpulkan intelijen bisnis
sehingga dapat memahami peran potensial yang dilakukan setiap elemen
lingkungan. Kemudian muncul komitmen untuk membentuk suatu sistem antar
organisasi (inter-organizational system – IOS) melalui pertukaran data
elektronik (electronic data interchange – EDI). IOS dicapai dengan
mengikuti siklus hidup sistem (system life cycle – SLC) atau melakukan
rancang ulang bisnis proses (business process renggineering). Hasilnya
adalah sistem berorientasi jaringan dang meggunakan sambungan langsung,
jaringan bernilai tambah, internet atau komninasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar